Lembaga Bahasa USD

Pelayanan kami didorong oleh semangat magis dan peningkatan layanan di bidang pendidikan

Dahulu Lembaga Bahasa Universitas Sanata Dharma memiliki nama “Indonesia Language and Culture Intensive Course”. Berawal dari sebuah departemen yang hanya menawarkan mata pelajaran intensif bahasa dan budaya bagi mahasiswa dan dosen dari Edith Cowan University, Perth, Australia.

Dalam perkembanganya, bertambah tidak hanya menawarkan kursus Bahasa Indonesia untuk mahasiswa dan dosen Australia tetapi juga untuk kewargakenagaraan asing lainnya yang ingin bekerja di Indonesia serta mahasiswa asing dan mahasiswa Indonesia yang ingin meningkatkan kemampuan Bahasa mereka dalam Bahasa inggris.

“Pusat Bahasa Inggris untuk Komunikasi Internasional” berfokus pada pelatihan Bahasa inggris untuk siswa Indonesia. Pada Oktober 2005, nama ”Pusat Pengembangan dan Pelatihan Bahasa Universitas Sanata Dharma” diubah menjadi “Lembaga Bahasa Universitas Sanata Dharma”. Perubahan ini menuntut Lembaga untuk meningkatkan metode pengajaran, bahan ajar, dan juga sumber daya manusia untuk memenuhi dan memuaskan kebutuhan klien. Pada tahun 2006, Lembaga Bahasa memutuskan untuk mengembangkan jurusan Bahasa Asia dengan mengembangkan jurusan Bahasa Korea dan mendatangkan dua penutur asli Bahasa Korea sebagai instruktur. Jurusan ini dinamakan sebagai “Korean Language and Culture Course”. Pada tahun 2009, Lembaga juga mempekerjakan penutur asli Bahasa Korea lainnya untuk meningkatkan layanan kepada klien.

Pada tahun 2013, “Chinese Language and Culture Course” dikembangkan untuk merespon permintaan pelajar Indonesia. Pada tahun 2018, JLCC atau “Japanese Language and Culture Center” dibuka.

Kehidupan & Lingkungan Lembaga Bahasa USD

Laboratorium dengan fasilitas kedap suara

Laboratorium nyaman dan ideal untuk Tes

Pengajar humanis

Ruang Laboratorium Ber-AC

Ruang kelas bersih

Kelas dengan fasilitas lengkap

Kelas variatif

Ruang terbuka hijau

Toilet bersih dan nyaman

Tempat istirahat yang nyaman

Aula pertemuan

Scroll to Top