oleh Lin Yuxin

Murid Privat asal Tiongkok

Pekerja sanitasi adalah para malaikat jalan. Mereka bekerja untuk menjaga kebersihan jalan. Sebelum subuh mereka sudah mulai bekerja. Mereka membersihkan jalan walaupun di terik matahari atau dingingnya musim dingin. Karena pentingnya pekerjaan itu, jadi walaupun pada tahun baru Cina mereka tetap berkerja. Sebagian dari mereka sudah beberapa tahun belum pulang ke kampung halamannya.

Karena mereka membersihkan jalan dengan cara menyapu, 60% dari mereka mendapat penyakit seperti Spondylosis serviks dan Artritis. Karena mereka bekerja di luar, pekerjaan mereka juga mudah menyebabkan sengatan panas dan kecelakaan. Pekerja sanitasi biasanya setengah baya dan lanjut usia. Kalau di kota yang kurang berkembang, penuaan pekerja sanitasi lebih tinggi. Keadaan ini menempatkan perkerjaan yang sudah berbahaya menjadi lebih berbahaya.

Mereka bekerja begitu keras tetapi gaji mereka biasanya hanya sedikit. Beberapa dari mereka tidak punya kontrak buruh. Mereka didaftar sebagai pekerja paruh waktu, tetapi bekerja lebih dari 8 jam setiap hari. Perusahaan melakukan hal seperti itu untuk dapat menurunkan gaji mereka agar mendapat keuntungan lebih. (18/2/2020)