oleh Kis Diana
Murid Darmasiswa 2018/2019 asal Hungaria

Hidangan tradisional seperti Gulyás yang terkenal di dunia (sup gulyás rebus atau gulyásleves) sangat populer. Gulyás atau goulash sering disajikan dengan bumbu paprika merah, sebuah inovasi di Hungaria. Krim asam (sour cream) Hungaria bertekstur kental dan berat yang disebut tejföl yang sering digunakan untuk melembutkan rasa hidangan. Sup ikan pedas Hungaria yang terkenal dengan sebutan sup nelayan atau halászlé biasanya merupakan campuran yang kaya dari beberapa jenis ikan rebus.

Hidangan lainnya termasuk csirkepaprikás (ayam paprikas), foie gras yang terbuat dari hati angsa, pörkölt, vadas (babi rebus dengan saus sayuran dan mie Hungaria), ikan forel dengan kacang almond (badam) atau pangsit asin dan manis, dan túrós csusza, (kue bola dengan keju quark segar dan krim asam tebal).

Makanan penutup termasuk Dobos torta (kue Dobos) yang ikonik, rétes (strudel), diisi dengan apel, ceri, biji poppy atau keju, Gundel palacsinta (panekuk atau serabi), szilvás gombóc (kue prem atau plam), somlói galuska (kue somlói), sup makanan penutup seperti sup ceri asam dingin, dan gesztenyepüré (pure chestnut manis). Perec dan kifli adalah kue–kue yang juga sangat populer.