oleh Michael Sadich
Murid Privat asal USA

Sebuah mitos adalah cerita yang tidak terlalu masuk akal dan tidak bisa dijelaskan dengan logika.  Biasanya, sebuah cerita seperti ini, walaupun sedikit aneh, masih dipercayai banyak orang.  Di Amerika, kami juga ada mitos seperti ini, tetapi, kebanyakan orang tidak sering percaya bahwa mitos tersebut mempunyai arti, misalnya, di Amerika, kami ada mitos bahwa kalau seseorang memecahkan cerminnya, mereka akan mengalami kesialan selama 7 tahun.  Selain contoh itu, ada contoh yang lain, misalnya, seseorang masuk ke dalam kamar mandi mereka dan mematikan lampu.  Setelah itu, mereka harus berkata frasa “Bloody Mary” sebanyak tiga kali.  Setelah kali yang ketiga, Bloody Mary itu akan muncul di cermin dan menakuti mereka.

Setiap masyarakat mempunyai beberapa mitos seperti yang saya ceritakan di atas. Di Indonesia mitos seperti ini ada juga. Misalnya, banyak orang percaya kalau perempuan duduk di depan pintu dia akan mengalami kesulitan ketika dia mencari calon untuk menikah. Selain itu, di Jawa, banyak orang masih percaya kalau seseorang memakai pakaian yang berwarna hijau dan pergi ke salah satu pantai di selatan, orang itu akan menjadi seperti korban untuk Ratu Pantai Selatan dan akan masuk “kerajaannya” di dalam laut. Walaupun mitos-mitos seperti ini belum dibuktikan dengan benar, banyak orang masih percaya bahwa mitos-mitos ini masih benar.

Menurut saya, mungkin kebanyakan orang tidak percaya pada mitos-mitos tersebut, tetapi mereka juga belum cukup berani untuk mencoba hal-hal tersebut. Sebagai contoh, mungkin ada seseorang yang tidak percaya bahwa mereka dilarang untuk memakai pakaian yang berwarna hijau ke salah satu pantai di Selatan. Namun, mereka belum cukup berani untuk mencobanya. Sebenarnya, hal itu sesuai dengan pengalaman saya di Amerika. Memang, kebanyakan orang tidak percaya bahwa “Bloody Mary” akan muncul di cermin mereka. Tetapi, mereka juga belum cukup berani untuk mencoba hal tersebut. Oleh karena itu, banyak orang lebih suka untuk menghindari hal-hal seperti yang sudah saya sebut di atas.