oleh Hinako Kato

Mahasiswi asal Universitas Nanzan Jepang

Biasanya virus yang menebabkan penyakit memasuki tubuh kita lewat tangan (Kompas, 2019). Di atas tangan, ada 39,000 – 460,000 virus yang dapat menyababkan batuk, pilek, diare, gatal-gatal, sakit mata dan tiphus (Bobo, 2018). Tetapi melalui wawancara kepada 3 mahasiswa, ternyata semuanya berpikir bahwa virus memasuki tubuh kita lewat makanan saja.

Tangan bisa disebut sebagai bagian yang paling kotor di bagian tubuh kita karena biasanya kita memakai tangan untuk beraktivitas sehari-hari, yaitu ketika membuka pintu, membawa tas, memakai HP dan sebagainya. Selain itu, kadang-kadang kita memakai tangan untuk makan juga. Karena itu, kalau kita jarang cuci tangan di dalam kehidupan sehari-hari, kita dapat terkena penyakit dengan mudah. Sebaliknya, kalau kita mencuci tangan dengan baik sebelum makan atau melakukan sesuatu, kita bisa mencegah penyakit dengan efektif.

Ada beberapa hal penting ketika kita cuci tangan. Salah satunya adalah cara mencuci tangan. Kadang-kadang ada orang yang tidak pakai air ketika cuci tangan, tetapi pakai cairan pembersih kuman saja. Kalau hanya memakai cairan pembersih kuman saja tidak cukup untuk menghilangkan virus. Jadi, kita harus cuci tangan dengan air dan sabun.

(http://blog.bluekc.com/wp-content/uploads/2018/02/handwashing-768x512.jpg)Yang kedua, kita membutuhkan waktu setidaknya lebih dari 30 detik ketika cuci tangan. Karena virus juga ada di tempat yang susah dibersihkan seperti di antara kuku dan jari, punggung tangan, dan pergelangan tangan. Jadi, lebih baik cuci tangan selama lebih dari 30 detik supaya bisa menhilangkan virus-virus tersebut. Tetapi dari wawancara yang saya lakukan, ternyata 2 dari 3 orang membutuhkan hanya 5 detik untuk cuci tangan. Dengan cara cuci tangan yang benar, kita bisa menghindari virus memasuki tubuh kita melalui tangan. Tetapi melalui hasil wawancara, ternyata sekarang masih banyak orang belum tahu bagaimana mencuci tangan dengan efektif. Jadi, yang pertama kita harus tahu adalah tentang pentingnya cuci tangan dan cara cuci tangan yang benar.

 
(Dikutip dari https://lifestyle.kompas.com/read/2019/07/20/110000520/jaga-kebersihan-tangan-cegah-penularan-penyakit)