oleh Namiki
(Mahasiswi Universitas Kyoto Sangyo Jepang)

Cat berwarna biru tumpah di langit. Aku mendengar suara pesawat yang mendarat dan mengudara setiap beberapa menit. Aku memasuki pesawat sambil merasa senang tetapi sedikit khawatir. Liburan yang sangat menyenangkan aku mulai. Ada tiga hal yang membuat liburanku menyenangkan. Pertama, aku pergi ke Korea selama empat hari. Kedua, aku menonton konser empat kali di Jepang. Ketiga, aku bertemu teman-teman di Jepang setelah tidak bertemu satu semester. Cerita akan aku mulai dengan pengalaman di Korea. Perjalanan ke Korea ini adalah yang ketujuh tetapi pertama kalinya aku pergi sendirian. Aku naik pesawat Asiana Airlines pertama kali tanggal 12 Juli. Makanan Asiana paling enak di antara makanan dalam pesawat yang sudah pernah aku coba. Di bandara Seoul aku bertemu Park Yuchun yang sangat aku suka. Dia lewat di depanku. Hal itu membuatku sangat bahagia.

Di Seoul aku berjalan-jalan di Myeong-dong, Hondae, Idae, Apgujeong dan Garosu-gil. Transportasi kota Seoul lengkap jadi pengunjung mudah pergi ke mana-mana. Di sana aku mencoba berkunjung ke toko-toko dan kafe yang belum pernah aku kunjungi. Kafe yang paling menarik adalah Bistopping yang ada di Garosu-gil. Kafe ini menjual es krim. Pengunjung bisa memilih topping di dalam banyak jenis. Aku memilih cookie berbentuk flamingo, kaktus dan hati. Di kafe ini banyak orang muda datang dan berfoto untuk mengunggah di Instagram.

Hal yang membuatku paling kaget ketika di Seoul adalah koperku rusak. Aku membeli koper besar baru dan membuang koper yang rusak di kamar hostel bersama uang tips. Ketika check-in untuk pulang koperku tidak diterima karena terlalu berat. Aku membeli alat-alat rias, baju dan makanan terlalu banyak. Karenanya, aku memindahkan barang-barang ke tas yang aku bawa. Dalam perjalanan ini, ada banyak pengalaman pertama kali bagiku tetapi sangat menyenangkan.

Cerita berikutnya tentang liburanku adalah menonton konser K-pop di Jepang. Pada tanggal 11 Juli dan tanggal 23 Juli aku pergi ke konser Park Yuchun. Saat dia muncul, aku menangis karena sangat senang. Aku sudah kira-kira tiga tahun tidak bertemu Yuchun karena dia mengikuti wajib militer di Korea. Lebih lagi kursiku dekat sekali dengan panggung. Konser ini menjadi kenangan yang tidak terlupa.

Konser berikutnya yang aku tonton yaitu konser SM TOWN. Tanggal 28 Juli aku dan temanku pergi ke konser ini yang ada di Osaka. Konser tersebut dilakukan oleh banyak artis yang masuk kantor SM Entertainment. Walaupun semua artis sangat terkenal, artis yang mengasyikkanku adalah TVXQ. Kami bersorak-sorai ketika mereka muncul sambil menyanyi lagu Why? SM TOWN yang diadakan setiap musim panas selalu membuatku merasakan musim panas yang sebenarnya.

Konser terakhir yang aku datangi adalah konser G Friend. Grup ini terdiri dari enam perempuan yang cantik. Aku menonton konser ini bersama adikku. Kami terkejut karena banyak laki-laki yang terlihat lebih dari 40 tahun datang ke konser. Ini konser artis perempuan pertama yang aku tonton jadi aku senang bisa merasa perbedaan suasana konser yang dilakukan oleh artis laki-laki dan perempuan.

Cerita terakhir tentang liburanku adalah bertemu teman-teman di Jepang setelah tidak bertemu satu semester. Pada tanggal 27 aku pergi ke USJ yang ada di Osaka dengan temanku. Sudah 15 tahun aku akrab dengannya. Kami berangkat dari rumah 7.00 pagi supaya tidak perlu mengantre ketika membeli tiket masuk. Waktu di USJ sangat menyenangkan karena tidak harus menunggu lama untuk naik wahana dan cuacanya cerah. Walaupun cerah, suhu mencapai 39℃ pada siang. Kami kepanasan jadi pulang dari USJ pada 15.00. Kemudian kami menuju ke kafe lalu terus mengobrol lima jam di sana.

Pada tanggal 18 Juli aku bertemu dengan teman-teman dan guru yang mengikuti kegiatan ekstra-kurikuler bersama. Kami berkunjung ke rumah guru untuk bertemu anaknya. Kami bermain dengan anaknya sambil mengobrolkan kenangan yang kami kangeni selama beberapa jam. Kami asyik mengobrolkan kenangan yang berat. Aku mengingat bahwa guru memarahi kami setiap hari dan kami harus memperhatikan berat badan supaya tidak menambahkan berat badan setiap hari. Itu karena aku bergabung dalam klub senam ritmik. Waktu SMA aku merasa sangat berat tetapi sekarang merasa kangen dan senang.

Liburanku sangat memuaskan karena aku bisa berkunjung ke Korea dan pulang ke Jepang. Konser-konser yang aku datangi sangat membahagiakan. Setelah bertemu dengan teman-teman yang tidak bertemu selama enam bulan, aku bisa menyegarkan dan menjadi lebih semangat belajar di Indonesia.